Thursday, May 19, 2011

LAKSA BOGOR

Di jalan Suryakencana Bogor, ada beberapa yang jual laksa ini dengan pikulan. Yang paling terkenal adalah laksa di sekitar durian warso. Yang membuat laksa ini mantap dan khas Bogor sekali adalah potongan oncom merah, sebenarnya bukan di potong tapi di cuwil-cuwil kecil. Tapi disini nggak ada yang jual oncom, jadi di skip aja ya....


Sebenarnya laksa bukanlah makanan yang aku suka karena kuah santan yang di pakai, tapi kalau kita jauh dari kampung halaman makanan seperti ini bener-bener buat kangen. Walaupun rasanya masih jauh dari yang ‘asli’ Bogor tapi aku lebih suka versi yang aku buat...hehehehe...narsis dikit. Dan yang penting lebih sehat karena aku tahu kualitas bahan yang aku masak.

Resep ini aku copy dari Nova.

Bahan:
300 gr daging ayam, rebus, suwir-suwir
200 gr bihun kering, seduh air hangat sampai lunak, tiriskan
350 gr udang segar, kupas, tumis hingga berubah warna
200 gr taoge, buang akarnya, seduh air panas, tiriskan
4 btr telur rebus, kupas
40 lbr daun kemangi segar
3 sdm bawang merah goreng
emping goreng

Haluskan:
10 bh bawang merah
3 siung bawang putih
5 btr kemiri sangrai
2 bh cabai merah
1 sdm ketumbar sangrai
1/2 sdm garam
5 cm kunyit

Kuah santan:
4 sdm minyak sayur
3 lbr daun jeruk purut, buang tulang daun
2 btg serai, ambil bagian putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan
3 cm temu mangga/temu kunci, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1 1/2 ltr santan
5 sdm air jeruk nipis
100 gr kelapa kupas, parut, sangrai, haluskan

Cara membuat:
1. Kuah santan: panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun jeruk purut, serai, jahe, temu mangga dan lengkuas sampai harum dan matang.
2. Tuang santan dan masukkan kelapa sangrai, aduk-aduk sampai kuah mendidih dan santan tidak pecah, masukkan air jeruk nipis, aduk rata.
3. Sajikan dalam mangkuk: bihun, ayam suwir, udang, taoge, telur dan daun kemangi, siram dengan kuah santan, taburi bawang goreng dan emping.

No comments: