Thursday, May 19, 2011

Bubur Ayam Sukabumi




Kelihatannya ribet, tapi resep di bawah ini hanya sebagai guide aja. Sebenernya mau tutup mata dan buat dengan bahan seadanya juga bakalan jadi, dengan catatan bahwa bubur ayam ala kadarnya itu buat konsumsi sendiri.
Kalau bubur ayam untuk suguhan khan nggak boleh sembarangan, harus
Dahulu kala sewaktu masih jadi anak kos di daerah Tebet, ada bubur ayam Sukabumi yang terkenal sekali di perempatan (lupa nama jalannya…). Beli setengah porsi aja kadang-kadang nggak habis apalagi satu porsi. Buburnya kental, ayamnya dan kondimen lainnya melimpah ruah, mantaf sekali. Harganya nggak murah untuk ukuran kantong anak kos tapi isi dan rasanya sebanding dengan harganya. Ditambah kuning telur mentah yang di timpa bubur panas……2 thumbs up.



Bahan:

200 gr beras, rendam 2 jam
2 ltr air kaldu ayam
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
2 sdt garam

Kuah:
1 ekor ayam kampung
750 ml air
1 sdt garam
2 sdm minyak untuk menumis
½ sdt lada

Haluskan:
8 bh bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
5 btr kemiri

Pelengkap:
Ayam goreng, suwir-suwir
2 btg cakwe, iris tipis
1 btg seldri, iris tipis
50 gr kedelai goreng
100 gr krupuk merah/ emping


Cara membuat:
1. Rebus ayam bersama air dan garam hingga ayam lunak, pisahkan kaldunya.
2. Bubur: masak beras bersama air kaldu ayam, daun salam hingga beras pecah, masukkan garam, masak terus hingga beras menjadi bubur dan agak kental. Bila perlu bisa tambahkan air.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan dalam rebusan ayam, rebus kembali ayam. Masak hingga kaldu mendidihkan tambahkan lada. Didihkan kembali, angkat ayam, sisihkan kaldu ayam. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, lalu suwir-suwir ayam. Sisihkan.
4. Penyajian: taruh bubur dalam mangkuk, beri kuah, taburi cakwe, kedelai, ayam suwir, seldri, beri sambal dan kerupuk. Sajikan bubur segera.

No comments: