Friday, December 10, 2010

AYAM KODOK




Dulu kala waktu masih di SMKK Baranangsiang di Bogor, kita semua yang kelas 3 dikumpulin diluar kelas karena guru wali kelas lagi ngatur amplop2 yang mau di undi buat kita. Isi amplop2 itu adalah materi ujian nasional memasak…..nah loe! Satu per satu di panggil masuk, ada yang keluar girang soalnya dapat masakan yang bisa di bilang gampang dan juga ada yang keluar dengan muka ditekuk seribu…..dapat menu masakan yang ribet bin suribet. Salah satunya sahabat aku yang keluar kelas dengan muka cemberut…soalnya dia dapet menu makanan utamanya ‘ Bandeng Isi ‘ kita semua pada ketawa dan ngebayangin gimana repotnya. Tarrrraaa….giliran aku dipanggil masuk kelas buat ambil amplop, dengan deg2an….buka amplop dan DDUUAAARRR!!!! “Ayam Kodok” didepan mata.


Kalau nggak tahu malu pengen pura2 pingsan rasanya…hehehhe….dan hasilnya adalah: lulus juga. Kalau sekarang di suruh buat ayam kodok lagi….kecil, nutup mata juga jadi tuh ayamnya. Belagu dikit boleh dong? Hahahaha…..

Beberapa bulan yang lalu Betty Firdaus ke rumah dan kita sama2 belajar buat ayam kodok…..kita buat 2 ayam kodok dalam waktu 5 jam…hahahaha……gimana kalau terima pesenan ya….bisa2 anak sama suami terlantar dan makan telor ceplok deh.






BAHAN:


1 ekor ayam

BAHAN ISI:
4 btr telor ayam rebus
100 gram liver paste (bahan yang satu ini suka aku skip, nggak doyan soalnya)
200 gram daging ayam giling (yang di ini ditambah sebanyak liver pastenya)
50 gram daging sapi cincang
2 sendok makan bawang merah goreng
4 sendok makan tepung roti (aku lebih suka pakai roti tawar 4 lembar yang di rendam pake susu 100ml)
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
2 butir telur

BAHAN UNTUK OLESAN DAN SAUS: (Aku mbuat 4 porsi sekaligus untuk saus olesan ini plus untuk saus juga, karena ternyata rasanya lebih enak dari pada saus dari resep aslinya)

1 sendok makan madu
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh akar ketumbar cincang halus
1/2 sendok teh cabai bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk

Pelengkap:
200gr wortel, kupas, potong persegi panjang dan rebus
200gr buncis, potong 5cm, rebus
250gr kentang, potong persegi panjang dan goreng

CARA MEMBUAT :
• Campur seluruh adonan isi. Sisihkan.
• Keluarkan tulang dari bagian atas. Caranya, selipkan pisau tipis yang tajam ke bagian leher menuju ke dalam. Jalankan pisau sedikit demi sedikit hingga kulit terlepas dari ayamnya.
• Patahkan tulang sayap yang berhubungan dengan punggung dan dada. Begitu juga dengan tulang paha bawah yang berhubungan dengan paha atas.
• Perosoti kulit ayam ke bawah. Gunakan telunjuk atau pisau untuk melepas bagian kulit yang belum terseset.
• Lepaskan tulang ayam. Rebus tulang dalam air mendidih untuk campuran kaldu.
• Masukkan adonan isi ke dalam kulit ayam dengan plastik segitiga hingga menggembung.
• Jahit bagian atas dan bawah ayam. Ikat sayap dan kakinya dengan menggunakan benang bola. Tusuk-tusuk badan ayam dengan jarum. Letakkan ayam dalam pinggan tahan panas/loyang lalu kukus ayam selama 30 menit. Air yang diperoleh saat mengukus digunakan untuk kaldu saus.
• Oles permukaan ayam dengan campuran bahan pengoles lalu panggang ayam hingga matang.
• Buat saus. Tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan tepung. Aduk hingga mengental. Tuangkan kaldu (rebusan tulang dan kaldu hasil kukus ayam), kecap inggris, kecap manis, saus tomat, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk sampai mendidih. Sajikan ayam dengan saus dan pelengkap.

Sumber : Sedap Sekejap 12/I/2000



No comments: