Saturday, July 10, 2010

AYAM BAKAR TALIWANG

Resep ini aku dapat dari Nova seri masakan daerah, dengan penyesuaian disana sini jadilah ayam bakar yang super pedes ini. Sambal yang aku buat adalah sambal matah dengan sari jeruk nipis yang lebih dominan jadi bisa nolong bibir yang terbakar cabe rawit.



Sebenarnya bisa aja sih di buat moderat pedesnya, tapi kok ya jadi kayak ayam bakar pedes biasa. Apalagi mas Jono, semangat banget kalau aku buat Ayam Taliwang. Dia selalu lupa namanya dan biar gampang ingat selalu dia ganti jadi ‘ayam taliban’ ada-ada aja deh….


Karena bumbu marinade-nya pakai terasi, aku siasati kalau mau buat bumbunya aku buat cukup buat 2 sampai 3 kali masak dan aku simpan di freezer cukup buat sekali masak. Waktu ngolah bumbunya juga musti pinter-pinter ngatur waktu, seperti: kalau mau buat waktu summer (jadi bisa buka pintu dan jendela lebar-lebar), pas mas Jono dan CJ nggak ada di rumah (hidung mereka berdua sensi sekali sama bau terasi) dan yang penting lagi begitu bumbu sudah masak langsung pisah-pisah sesuai porsi dan di tutup rapat. Cuci semua alat masak bersih-bersih sampai nggak ada sisa bau terasi. Begitulah suka dukanya terasi mania yang punya suami sama anak alergi terasi, juga durian, juga pete, juga jengkol.


BAHAN:

1 ekor ayam ras
1 buah jeruk nipis
1/2 sendok makan garam
3 sendok makan minyak untuk menumis
1 buah cabai merah, cincang kasar
1 sendok makan gula merah
100 cc air


BUMBU HALUS:
6 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabai merah
6 buah cabai rawit merah
1 buah cabai merah, cincang kasar
2 cm kencur
1/2 sendok teh terasi, bakar
garam secukupnya


CARA MEMBUAT:


1. Bersihkan ayam dan potong tulang di sepanjang punggung ayam. Pipihkan ayam dengan cara menekan dada ayam. Bantu dengan tusuk sate melintang sisi ayam untuk menjaga bentuknya. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 10 menit, sisihkan.


2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan cabai merah cincang 5 menit, masukkan ayam dan gula merah, aduk rata, tambahkan dengan air. Masak hingga ayam 3/4 matang. Angkat.


3. Bakar ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan, angkat dan hidangkan dengan pelengkap.



No comments: