Thursday, October 16, 2008

TIMPHAN LABU KUNING



Salah satu kekayaan kuliner Aceh yang sampai sekarang masih sering dibuat dan gampang ditemuin dipasar tradisional atau supermarket (ya.....bener di supermarket!) jangan banyangin supermarket di Banda Aceh seperti supermarket di Jakarta, karena masih jauh sekali.....
Karena beberapa kali disuguhkan kue ini, saya tergerak untuk buat sendiri walaupun saya tahu pasti nggak akan ada yang mau nyobain....ihik...ihik...
Kue ini enak dan legit, agak berminyak dan daun pisang yang digunakan haruslah daun pisang yang muda sekali dan berwarna hijau muda. Kalau mau di bandingin rasanya hampir mirip kue bugis ditanah Jawa, bahkan ada yang isinya kelapa unti.
Bahan
250gr tepung ketan
150gr labu kuning
1sdt garam
1sdm gula pasir
Minyak makan secukupnya

Bahan Isi
100gr gula pasir
125ml santan kental
1sdm tepung terigu
1btr telor
½sdt garam

Cara Membuat
Isi: Kocok telur dan gula sampai tercampur rata. Masukan tepung terigu dan santan. Kocok sampai semua bahan tercampur rata. Tuang adonan di panci dan aduk sampai semua bahan matang dan adonan bisa di sendok.
Timphan: Kupas, cuci dan kukus labu kuning sampai matang. Haluskan dan campur dengan tepung ketan, gula serta garam. Jika adonan terlalu kering bisa di tambahkan air sedikit, hanya sampai adonan bisa dipulung dan dibentuk.
Ambil daun pisang yang masih muda dan oles dengan minyak sayur, letakan 1sdm adonan timphan diatasnya, pipihkan dan letakan 1sdt isi ditengahnya dan dirapatkan sehingga menyerupai bentuk seprti otak-otak. Rapikan kedua ujungnya dan kukus sampai matang.


No comments: