Sunday, March 2, 2014

MASCARPONE CHEESE PAVLOVA


Bahan:
150ml putih telur atau 4 butir
220g gula kastor
2 sdm tepung maizena, ayak
2 sdt cuka masak
250ml mascarpone cheese
150g gula halus
4 buah markisa
250g mangga potong kotak kecil
250g strawberries, potong 2 bagian

Cara Membuat:

Panaskan oven pada suhu 150 derajat. Alasi loyang datar dengan kertas roti.
Letakan putih telur dalam mangkok bersih, kocok hingga mengembang (soft peak) tambahkan gula halus secara bertahap. Kocok hingga gula larut dan putih telur mengkilat.

Tambahkan tepung maizena dan cuka masak. Kocok dengan whisk kecepatan rendah sampai rata.

Cetak bentuk melingkar pipih diatas kertas roti. Turunkan suhu oven menjadi 120 derajat dan panggang selama 1 jam 20 menit. Matikan oven dan biarkan pavlova sampai benar-benar dingin.

Kocok mascarpone cheese dan gula halus hanya sampai tercampur rata. Oleskan diatas permukaan pavlova. Taburi dengan potongan mangga dan strawberries. Tabur markisa dan sarinya diatas potongan buah.

Sajikan segera.

Catatan:

Pemanggangan suhu rendah akan membuat meringue mengembang dan pemanggangan yang lama akan membuat meringue berkulit dan renyah/krispy.
Pavlova yang belum diberi toping dapat disimpan di wadah kedap udara selama 5 hari.


VANILLA SPONGE CHEESE CAKE






Modifikasi dari Vanilla sponge cake NCC....yummy.

Bahan A:
5 btr         Telur utuh
5 btr         Kuning telur
150 gr        gula pasir
15 gr         Cake emulsifier
1 sdt         Vanilli

Bahan B:
120 gr       Tepung terigu
10 gr         Maizena
10 gr         Susu bubuk

Bahan C, kocok bersama hingga lembut:
75 gr         Margarine
75 gr         Cream cheese

Cara membuatnya:

Kocok Bahan A hingga kental, masukkan bahan B sambil diayak. Beri C aduk balik hingga rata.
Tuang adonan kedalam 3 loyang kotak ukuran 22x22x4cm. panggang dalam oven suhu 180’C hingga matang.

Butter Cheese Cream
Bahan :
250 gr       Butter
100gr        Gula halus


Cara membuatnya:

Aduk rata semua bahan menjadi satu, aduk rata.
Pelengkap: Keju Bakery parut panjang & simpel syrup
Penyelesaian :
Letakkan satu lembar cake diatas papan kue, basahi dengan simpel syrup, poles dengan butter cream.
Letakkan lagi cake diatasnya, basahi lagi, poles lagi, timpa lagi dg satu lembar cake terakhir basahi lagi.
Poles seluruh bagian cake dengan butter cream. Hias semua permukaan cake dengan keju parut.

Saturday, June 22, 2013

Donut Tape Singkong


Untuk resep satu ini aku pakai self raising flour dan minyak goreng yang panas sedang dan banyak. Walaupun adonan hanya di cetak dengan sendok, hasil akhirnya akan membulat (seperti bola) dengan sendirinya.
Untuk menghemat penggunaan minyak, lebih baik pakai panci bergagang dengan dinding  tinggi dan diameter yang kecil. (ribet deh ahhhh bahasanya...hehehehe)

Bahan:
250 gram tape singkong, dihaluskan
1 butir telur
1 1/2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
100 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
30 gram tepung sagu
minyak untuk menggoreng

Cara Pengolahan :

1.    Aduk rata semua bahan.

2.    Ambil satu sendok adonan. Bentuk bulat dengan 2 buah sendok makan.

3.    Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang kecoklatan..

Friday, April 5, 2013

KRASIKAN

Makanan dari daerah Jawa Tengah yang banyak di jual sebagai oleh-oleh bebarengan dengan madu mongso atau jenang-jenangan. Sumber resep dari tabloid Nova: http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Makanan/Krasikan
Kalau di daerah Sunda, krasikan ini lebih di kenal dengan nama Ladu. Yang bener-bener buat ngangenin dari jajan tradisional satu ini adalah rasa ngeletis disetiap gigitan.
BAHAN:
300 gr beras ketan
1 sdt air kapur sirih
1 btr kelapa diparut
250 gr gula jawa
500 cc santan cair instan
CARA:
· Rendam beras ketan bersama air kapur sirih selama 1 jam, kemudian cuci bersih dan tiriskan.
· Sangrai sampai warnanya kecoklatan, angkat dan sisihkan.
· Tumbuk beras ketan yang masih panas sampai halus.
· Sangrai kelapa sampai warnanya kecoklatan, kemudian tumbuk sampai halus dan berminyak.
· Masak gula jawa bersaama santan sampai mendidih. Saring dan masak lagi diatas api.
· Setelah mendidih masukkan ketan dan kelapa yang sudah ditumbuk.Aduk sampai rata dan kering, angkat.
· Tuang adonan ke dalam dalam loyang persegi yang sudah di alas plastik tahan panas. Tekan hingga melebar. Biarkan dingin dan potong persegi atau sesuai selera.

JENANG WALUH


Dapat limpahan labu kuning dari ibu mertua yang suka berkebun, sementara anak dan suamiku nggak ada yang suka labu. Langsung inget kalau ada event Jajanan di NCC. Jadilah labunya aku buat jenang atau dodol. Hasilnya, enak dan kenyal tapi nggak terlalu manis.

Jenang aku bungkus pakai plastik wrap, karena lebih elastis dan praktis.

Sebagai ibu rumah tangga modern, aku mengandalkan wajan anti lengket dan pengaduk/spatula silicone, selain cepet buatnya juga nggak repot bersihinnya...hehehehe

Bahan:
600 gram labu kuning, dikukus
300 gram gula jawa, serut kasar
250 ml santan instan
1/2 sendok teh garam
50 gr tepung sagu tani
200gr tepung ketan putih
2 lembar daun pandan, cincang kasar

 

Cara membuat:

·         Haluskan labu kuning, campur dengan tepung kanji dan tepung ketan putih. Sisihkan.

·         Masak santan, daun pandan dan gula merah hingga gula larut (bisa di tambah gula pasir jika ingin lebih manis). Saring dan sisihkan.

·         Tuang larutan santan dalam wajan, masukan campuran tepung dan labu.

·         Aduk hingga rata dengan api sedang. Teruskan mengaduk hingga mengental dan kalis kira-kira selama 2 jam. Atau sampai jenang tidak lengket jika di sentuh dengan jari tangan.

·         Tuang jenang dalam dalan loyang datar yang telah di alas plastik/daun.

·         Atau (seperti yang aku lakuin) ambil adonan sesendok (harus dengan sendok plastik, agar tidak lengket) letakan diatas plastik wrap yang sudah di potong persegi. Bulatkan dan plintir/putar hingga  tertutup.

 

 

KUE BUGIS KETAN HITAM


Nggak tahu juga ya kue bugis ini dari mana asalnya, kayaknya di semua daerah ada dan dalam berbagai macam sebutan yang berbeda. Nah kue bugis yang aku buat, bukan dibungkus daun pisang tapi di masukan dalam takir dari daun bambu. Kenapa daun bambu? Karena daun pisang mahal harganya....hehehehe


Bahan:
100 gram tepung ketan putih
50 gram tepung ketan hitam
50 gram kentang kukus, dihaluskan
15 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa, dipanaskan, ukur 100 ml, biarkan hangat
1/2 sendok teh minyak goreng


Bahan Isi:
100 gram kelapa parut kasar
50 gram gula merah, sisir halus
1/8 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
50 ml air

Cara membuat:

1.    Isi: campur semua bahan isi. Masak bahan isi sambil diaduk sampai kalis. Dinginkan.

2.    Kulit: campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, kentang, gula tepung, dan garam. Aduk rata.

3.    Tuang santan hangat sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni rata.

4.    Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Pipihkan. Letakkan di atas daun pisang. (Bugis yang sudah jadi aku langsung masukan kedalam takir dari daun bambu)

5.    Kukus 15 menit dengan api sedang sambil sesekali dibuka setiap 2 menit sampai matang.

6.    Bungkus dengan daun pisang muda. (Bugis yang sudah matang tidak aku pindah tapi tetap di dalam takirnya. Kalau hasilnya agak kering, boleh disiram dengan santan yang dikentalkan dengan tepung kanji)

Untuk 14 buah

 

CENDOL SAUS DURIAN


Karena aku nggak punya cetakan cendol, aku pakai cookie plunger/cookie press, hasilnya lumayan bagus dan halus.
Resep ini adaptasi dari beberapa resep, monggo di coba.

 

Cendol:

120 g tepung hunkwe
150 g kacang polong beku, blender halus
600 ml air
½ sdt garam
2 tetes pewarna hijau/pasta pandan
air matang secukupnya
es batu secukupnya

 

Saus Durian:

300 ml santan instan
150 g gula merah, sisir
50 g gula pasir
150 g daging buah durian
1 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan 

Cara Membuat:

Saus durian: Rebus santan bersama gula merah dan gula pasir di dalam panci tambahkan garam. Aduk hanya sampai gula larut. Saring larutan gula.

Kembalikan kedalam panci tambahkan daging buah durian, masak hingga tercampur rata, angkat. Sisihkan. (simpan di kulkas hingga saat dihidangkan) 

Cendol : Campur kacang polong, air, tepung hunkwe, dan garam. Aduk rata. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga adonan meletup-letup dan mengental.

Tuang adonan ke dalam cetakan cendol yang ditaruh di atas wadah berisi air es, tekan-tekan adonan hingga adonan cendol berjatuhan ke dalam air es.

Penyelesaian: Tiriskan cendol, masukan kedalam mangkok kecil. Tuang saus durian. Hidangkan.

 

Wednesday, March 6, 2013

CHILLI CRAB


Alangkah mahalnya harga kepiting di sini, hanya sekali kita beli kepiting hidup di sini dan itupun dagingnya sedikit sekali. Kita merasa tertipu walaupun mungkin juga yang jual nggak tahu kalau kepiting yang mereka jual, kadar dagingnya memprihatikan.
Kalau sedang liburan ke Indonesia, kita selalu pesta kepiting.

Bahan:
·         3 ekor kepiting betina
·         3 sdm minyak, untuk menumis
·         1 butir bawang bombay, cincang
·         2 sdm kecap asin
·         2 sdm kecap ikan
·         150 ml kaldu ayam
·         1 sdt garam
·         1 sdm gula pasir
·         1 butir telur ayam
·         1 sdt air jeruk nipis

Bumbu, haluskan:
·         5 buah cabai rawit merah
·         5 buah cabai merah keriting
·         3 buah cabe merah kering, rendam buang bijinya
·         2 siung bawang putih
·         2 sdt saus tomat
·         2 buah tomat merah

Taburan:
·         Daun ketumbar, cincang kasar
·         Daun bawang, cincang kasar

Cara Membuat:

1.    Cuci bersih kepiting, sikat, bilas. Potong-potong dan memarkan cangkangnya. Goreng sebentar hingga berubah warna. Sisihkan.

2.    Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan tumis hingga air agak menyusut.

3.    Tambahkan tomat halus, saos  tomat, kecap ikan dan kecap asin. Tuangi air, aduk rata. Bubuhi garam dan gula pasir.

4.    Masukkan kepiting goreng, aduk rata. Masak hingga kepiting matang berbalut bumbu.

5.    Pecahkan 1 butir telur di dalamnya, aduk-aduk hingga berserabut. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat, taburi daun ketumbar dan daun bawang. Sajikan.

Monday, March 4, 2013

COMBRO TEMPE PEDAS


Belum ketemu keberadaan oncom di Sydney ini, entah di toko mana mereka sembunyi. Padahal pengen banget bikin oncom pedes isi oncom. Akhirnya pakai aja bahan yang ada dan banyak tersedia. Yang penting cabenya banyakin, mantaf.

Resep di ambil dari sajian sedap dengan beberapa penyesuaian bahan dan ukuran.


Bahan Kulit (aduk Rata):
1.000 gram singkong parut, diperas airnya sampai 100 ml
100 ml air
50 gram kelapa parut kering
6 tangkai kucai, dipotong 1 cm
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
minyak, untuk menggoreng

Bahan Isi:
250 gram tempe, dipotong-potong, digoreng hingga matang, ditumbuk kasar
75 ml air
1/2 sendok makan garam
3/4 sendok teh gula pasir

Segengam daun kemangi
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
4 buah cabai merah keriting
4 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 sendok teh merica


Cara membuat:

1.    Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi.

2.    Tambahkan tempe. Aduk rata. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun kemangi. Sisihkan.

3.    Ambil sedikit adonan kulit. Beri isi. Bentuk oval.

4.    Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.


 

FISH and PASTA


Salah satu makanan yang nggak pernah di tolak CJ. Tandas, habis dan licin piringnya.
Bahan Pasta:
200 gram spaghetti
1 siung bawang putih, cincang
2 sendok makan mentega
1 sendok makan keju permesan

Bahan Ikan:
350 gram ikan kakap merah fillet, dipotong 2x5cm
1 sendok teh air jeruk lemon
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
Tepung terigu untuk melapis ikan
Minyak untuk menggoreng

2 sendok makan keju parut
2 sendok makan saus tomat

Bahan Larutan Tepung (aduk Rata):
125 gram tepung terigu protein sedang
30 gram maizena
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh bawang putih bubuk
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
225 ml air es


Cara membuat:

1.    Buat larutan tepung, jaga jangan sampai menggumpal. Aduk rata. Sisihkan.

2.    Lumuri ikan dengan air jeruk lemon. Cuci bersih. Keringkan dengan tissu dapur.

3.    Lapis ikan dengan tepung terigu, jaga jangan sampai terlalu tebal. Celupkan ikan satu per satu ke dalam larutan tepung.

4.    Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang dan kuning keemasan. Angkat dan  taburi keju parut.

5.    Panaskan air dalam panci, tambahkan garam. Tunggu hingga mendidih dan masukan spaghetti. Rebus hingga matang dan tiriskan.

6.    Panaskan mentega, masukan bawang cincang.

7.    Masukan spaghetti dan keju permesan, aduk rata. Hidangkan bersama ikan dan saus tomat.